Angel Wing Heart

Senin, 28 Desember 2015

Pelajaran Tata Bahasa Korea ke-8 Level 12

Pelajaran ini adalah review dan ringkasan dari berbagai jenis struktur present tense dalam bahasa Korea.
1. Present Tense Dasar dengan - / / 여” (Level 1 Pelajaran 16)
KT.kerja + / / +
Ex)
사다 = untuk membeli
+ 아요 = 사요 = Saya membelinya. / Dia membelinya. / Mereka membelinya.
주다 = memberikan
+ 어요 = 줘요 = saya berikan (kepada seseorang). / Mereka memberikan (kepada seseorang). / Berikan pada saya.
저는 매일 운동 해요.
= Saya berolahraga setiap hari.
저는 한국어 혼자서 공부 해요.
= Saya belajar bahasa Korea sendiri.
2. + 어요 (Level 5 Pelajaran 2)
Akhiran digunakan untuk membuat kalimat kehormatan ketika Anda berbicara tentang seseorang atau
Anda ingin menghormati.
kt.kerja dasar + 어요 세요
Ex).
가다 = pergi
  + 어요 = 가셔 = 가세요 = Dia pergi. / Dia pergi. / Silakan pergi.
모르다 = untuk tidak tahu
모르 + + 어요 = 모르 셔요 = 모르 세요 = Ia tidak tahu. / Dia tidak tahu.
3. 있다 (Level 2 Pelajaran 10)
있다 digunakan setelah kata kerja dasar untuk membentuk kalimat sedang dilakukan. Kemudian lagi 있다 adalah
untuk mencocokkan konteks atau bentuk kalimat yang di maksud.
Ex)
공부 하다 = belajar
공부 + 있다 = 공부 하고 있어요 = Saya belajar. / Mereka belajar.
지금 하고 있어요?
= Apa yang kamu lakukan sekarang?
서점 가고 있어요.
= Saya pergi ke perpustakaan.
4. 싶다 (Level 1 Pelajaran 13)
싶다 digunakan untuk mengekspresikan Saya ingin.
Ex)
보다 =  melihat
+ 싶다 = 보고 싶어요 = Saya ingin melihat. / Aku merindukanmu.
하고 싶어요?
= Apa yang Anda ingin lakukan?
밖에 나가고 싶어요.
= Saya ingin pergi ke luar.
5. () 있다 (Level 2 Pelajaran 17)
() 있다 digunakan untuk mengekspresikan bisa atau dapat.
Ex)
찾다 = untuk mencari, menemukan
+ () 있다 = 찾을 있어요 = Aku bisa mencarinya. / Aku bisa menemukannya.
여기 주차 있어요?
= Dapatkah saya parkir di sini?
이거 읽을 있어요?
= Dapatkah Anda membaca ini?
6. / / 여야 되다 (Level 2 Pelajaran 20)
Anda dapat menggunakan akhiran / / 여야 되다 untuk mengekspresikan harus, seharusnya atau harus.
Ex)
가다 = pergi
+ 아야 되다 = 가야 되다 = 가야 돼요 = Aku harus pergi.
TalkToMeInKorean.com – Free Catatan Pelajaran Korea
이거 먼저 해야 돼요.
= Saya perlu melakukan ini terlebih dulu.
조심 해야 돼요.
= Anda harus berhati-hati.
7. 않다, (Level 1 Pelajaran 21)
Anda dapat membentuk kalimat negatif dengan menambahkan 않다 setelah kt.kerja dasar atau sebelum kata kerja.
Ex)
이상 하다 = menjadi aneh
이상하 + 않다 = 이상 하지 않아요 = Ini tidak aneh.
+ 이상 하다 = 이상 해요 = Ini tidak aneh.
이거 비싸요.
= Ini tidak mahal.
그거 별로 좋아요.
= Ini tidak terlalu baik.
8. 마세요 (Level 2 Pelajaran 30)
마세요 digunakan setelah kata kerja dasar untuk memberitahu seseorang untuk tidak melakukan sesuatu.
Ex)
먹다 =  makan
+ 마세요 = 먹지 마세요 = Jangan memakannya..
걱정 하지 마세요.
= Jangan khawatir.
늦지 마세요.
= Jangan sampai terlambat.
9. / / 여요 (Mari) (Level 3 Pelajaran 16)
/ / 여요 terlihat sama dengan present tense polos, tetapi dapat digunakan untuk membentuk kalimat  ajakanMari kita
Ex)
하다 = melakukan
+ 여요 = 해요 = Mari kita lakukan.
같이 해요.
= Mari kita lakukan bersama.
지금 가요.
= Mari kita pergi sekarang.
10. () 같다 (Level 4 Pelajaran 27)
같다 awalnya berarti sama atau tampak seperti tapi ketika mengekspresikan pendapat Anda
tentang sesuatu, Anda dapat menggunakan () 같다 untuk mengatakan Saya pikir …”.
Ex)
좋다 = untuk menjadi baik
+ 같다 = 좋은 같아요 = Saya pikir itu baik.
이상한 같아요.
= Saya pikir itu aneh.
사람 착한 같아요.
= Saya pikir dia orang yang baik.
11. () 수도 있다 (Level 3 Pelajaran 22)
Bila Anda ingin mengatakan bahwa sesuatu “mungkin” atau “bisa” terjadi, Anda dapat menggunakan struktur – (
) 수도 있다.
Ex)
늦다 = terlambat
+ () 수도 있다 = 늦을 수도 있어요 = aku akan terlambat. / Mereka mungkin akan terlambat.
석진 수도 있어요.
= Seokjin mungkin tahu.
오늘 있을 수도 있어요.
= Aku mungkin tinggal di rumah hari ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar