Angel Wing Heart

Senin, 28 Desember 2015

Pelajaran Tata Bahasa Korea ke-8 Level 17


Dalam pelajaran ini, Mengenai struktur 아니면, yang dapat berarti jika hanya itu
tidak … “atau” kalau saja kalau tidak … “. Ini digunakan dalam situasi di mana Anda berbicara tentang sesuatu yang bisa dilakukan, tetapi Anda tidak bisa karena beberapa alasan. Sebagai contoh, dapat menggunakan –
아니면 dalam kalimat seperti Jika Dia bukan saudaraku, aku tidak akan bergaul dengan nya dll.
Struktur
(1) Kata benda + 아니면 + kata kerja + () 텐데요
Ini digunakan ketika Anda ingin mengatakan bahwa Anda akan melakukan sesuatu hanya jika A tidak B.
Ex)
오늘 월요일 아니면 거기 텐데요.
= Jika hari ini bukan hari Senin, saya akan pergi ke sana.
숙제 아니면 지금 텐데요.
= Kalau saja aku tidak memiliki pekerjaan rumah saya, saya akan pergi.
(2) Kata benda + 아니면 + kata kerja + / / 였을 거예요
Ex)
친구 아니면 경찰 신고 했을 거예요.
= Kalau saja ia bukan teman, saya pasti sudah melaporkannya ke polisi.
오늘 친구 생일 아니면 그냥 있었을 거예요.
= Jika hari ini bukan ulang tahun teman, saya akan hanya tinggal di rumah.
(3) Nonn + 아니면
= Kalau saja hal itu tidak + [kata benda] …
= Kalau saja bukan karena + [kata benda] …
= Kalau saja aku tidak punya + [kata benda] …
Ketika apa yang akan Anda lakukan adalah jelas dan dapat dengan mudah ditebak oleh pendengar, Anda dapat
hanya menghilangkan sisa kalimat.
Ex)
직장 상사 아니면
= Kalau saja dia bukan bos saya di tempat kerja …
Contoh Kalimat
1. 사람 친구 남자 친구 아니면
= Kalau saja ia bukan pacar teman saya …
2. 이것 아니면
= Jika hanya ini tidak ada …
3. 공사 소리 아니면 잤을 거예요.
= Kalau saja bukan karena kebisingan konstruksi, aku akan tidur dengan nyenyak.
4. 여기 친구 집만 아니면, 지금 잠들었 거예요.

= Kalau saja aku tidak berada di rumah teman, aku akan tertidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar